Olahraga Berlebihan Sebabkan Penuaan Dini

IndoPunya.com - Kebanyakan wanita begitu takut pada yang namanya lemak. Padahal, tak semua lemak itu jahat lho. Kalau Anda membaca info t... thumbnail 1 summary
IndoPunya.com - Kebanyakan wanita begitu takut pada yang namanya lemak. Padahal, tak semua lemak itu jahat lho. Kalau Anda membaca info tentang lemak, ada dua jenis lemak yang ada di dunia kesehatan, lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik disebut juga HDL dan lemak jahat disebut LDL.

Lemak baik ini tetap diperlukan oleh tubuh, di antaranya untuk membuat agar kulit tidak gampang keriput dan tetap kenyal. Kulit yang mengandung lemak baik, akan membuat Anda tetap awet muda.

Selama ini Anda tahu bahwa olahraga dapat membantu membakar lemak agar jumlahnya tidak berlebihan di dalam tubuh. Dan di sekitar Anda tak hanya satu atau dua orang saja kan yang berolahraga, entah pergi ke gym, di rumah, atau di sekitar lingkungan rumah. Olahraga memang baik dan disarankan untuk menjaga kesehatan, tetapi kalau terlalu berlebihan dia juga tidak baik lho.
Pasti Banyak yang beranggapan terus berolah raga sampai benar" cape dan tepar.. itu bagus dan baik buat kesehatan, tapi justru itu malah berakibat buruk atau sebalik nya.

Apa yang bahaya dari olahraga berlebihan?

Olahraga seharusnya membuat tubuh Anda tetap awet muda dan segar. Tetapi nyatanya, penelitian mengatakan bahwa terlalu sering berolahraga, cardio misalnya, justru membuat penuaan dini datang lebih awal.

Stres pada otot yang disebabkan olahraga berlebihan membuat kolagen pada kulit jadi pecah, sehingga kulit jadi terlihat menua dan tampak keriput serta muncul garis-garis kerutan. Inilah sebabnya Anda disarankan berganti-ganti porsi dan program latihan agar semuanya berjalan seimbang.

Selain itu, saat Anda berolahraga outdoor, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup melindungi kulit Anda.

Hal apa lagi sih yang dapat menyebabkan penuaan dini ini datang lebih cepat? Nah, sekalian deh Vemale beri tahu. Ada tiga hal lain yang ternyata juga menyebabkan penuaan dini.

Terlalu banyak makanan manis

Banyak mengonsumsi makanan yang terlalu manis membuat kulit jadi kehilangan kecantikannya dan mudah sekali keriput. Gula yang masuk ke dalam tubuh kemudian menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan kolagen dan elastin jadi rusak.

Alhasil, kulit Anda jadi terlihat lebih tua dan keriput. Inilah kenapa sebaiknya memang Anda memangkas konsumsi terhadap makanan-makanan manis. Kalaupun Anda lapar dan ingin ngemil, lebih baik ganti cake atau donat incaran dengan potongan buah-buahan segar.

Kurang tidur

Bahaya kurang tidur sebenarnya banyak. Tetapi kalau bicara yang berhubungan dengan kecantikan, kurang tidur dapat menyebabkan penampilan kulit jadi tidak cantik lagi. Selain kusam, terlihat lelah, stres, kulit juga terlihat berkerut dan tua.

Dikatakan bahwa stres akibat tubuh kurang tidur dan istirahat, menyebabkan kolagen pada kulit jadi rusak. Akibatnya, kulit jadi tidak halus lagi, kehilangan elastisitasnya dan menua.

Kurang asupan lemak

Sempat disinggung tadi di atas bahwa lemak ini sangat bermanfaat untuk tampilan kulit. Sebenarnya lemak sehat tak perlu membuat Anda takut mengonsumsinya. Lemak sehat baik untuk kulit dan juga untuk jantung.

Diperoleh dari mana saja sih lemak sehat? Anda bisa mengonsumsi produk susu, kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan-ikanan, alpukat, dan lain sebagainya.

Yang jelas, selama jumlah lemaknya tidak berlebihan, ia justru akan membuat kulit jadi lebih segar, lembut serta kenyal.

sumber: majalah wanita

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Mohon tidak Melakukan spam dan Comen Link Akitf

Recent