Indo Punya
Indopunya.com

Jejak Manusia Purba

Hallo, sahabat Indopunya.com - baru-baru ini saya sempat membaca artikel dari http://newscientist.com.Dan Di artikel yg saya baca itu ada ... thumbnail 1 summary
Hallo,
sahabat Indopunya.com - baru-baru ini saya sempat membaca artikel dari http://newscientist.com.Dan Di artikel yg saya baca itu ada sebuah teori yg menyebutkan bahwa manusia itu pernah hidup sejaman dengan Dinosaurus!wow!bener ngak ya?. Pertama surprais juga nih sama teori ini,masa bener sih manusia pernah hidup sejaman dengan hewan-hewan besar masa silam ini. Setelah tanya sana sini sama Mbah Google,tenyata ada kajian menarik yg berhasil saya temukan disana,bahwasannya memang dimungkinkan teori diatas tadi ada kebenarnya juga.

Seperti yang kita ketahui,Para Dinosaurus pertamakali muncul 228 juta tahun silam , dan mereka bertahan hidup dengan waktu yg sangat lama hingga sekitar 65 juta tahun yang lalu.(Sebagai perbandingannya,manusia muncul sekitar tiga juta tahun yang lalu). Era ketertarikan pada Dinosaurus dimulai pada tahun 1820-an , ketika seorang pendeta,William Buckland dan seorang ahli fisika , Gideon Mantell secara tidak sengaja terpisah menemukan beberapa tulang aneh dan sangat besar di pertambangan Inggris dibagian selatan.

Dan Pada tahun 1842,seorang ahli anatomi Inggris , Richard Owen, mengusulkan agar hewan raksasa yg telah punah ini sebaiknya diberi nama Dinosaurus , dari kata dalam bahasa Yunani yg berarti "Kadal yg menakutkan". Film pertama yang memunculkan dinosaurus adalah film tahun 1912 buatan D.W.Griffith dengan judul Man's Genesis (Dinosaurusnya masih lucu-lucu disini,sama sekali ngga' serem , coba cari infonya di Google). Namun film Dinosaurus pertama yg paling menarik perhatian adalah Gertie the Dinaosaur , sebuah film animasi pada tahun 1914. Sejak itu,dibuatlah ratusan film yg menampilkan dinosaurus , termasuk film menarik pada tahun 1966 yg berjudul One Million Years B.C. Ini film pertama yg menampilkan manusia hidup berdampingan dengan Dinosaurus.

Teman-teman masih ingat dengan film kartun The Flinstone?disana dikisahkan juga manusia hidup bersama dengan hewan-hewan ini. Menurut para ahli , teori yg menyebutkan manusia pernah hidup sezaman dengan Dinosaurus itu tidak dapat dibenarkan sama sekali , karena semua ini hanyalah
sebatas fantasi. Dalam ilmu arkeologi memiliki banyak teknik penanggalan tersendiri,seperti
teknik penanggalan radio karbon serta teknik penanggalan potasium argon.Kedua teknik penanggalan ini sangat dapat diandalkan dan akurat. Semuanya menegaskan bahwa Dinosaurus punah 65 juta tahun yg lalu,pada saat itu manusia pun belum muncul.Jadi,jika kita tidak hidup bersama dinosaurus paling
tidak kita hidup bersama keturunan dekat mereka. Tapi,kali ini saya mau menunjukkan beberapa bukti yang barangkali bisa merubah pandangan para ahli-ahli dari berbagai disiplin ilmu tsb ada sebuah kemungkinan memang benar bahwa terdapat manusia modern yg pernah hidup sejaman dengan Dinosaurus.

Diatas ini adalah fosil jari manusia "modern" berusia lebih dari 100 juta tahun!!.Suatu temuan yg bisa dibilang sangat mengejutkan apabila kita lihat dari usia fosil tsb. Jika kita lihat dari periode itu,berarti si manusia modern yg mempunyai jari ini memang benar-benar hidup sejaman dengan mereka para Dinosaurus. Satu lagi temuan yang mengejutkan, infonya: Doktor Brosshil, Ketua Fakultas Geologi, Institute Berry, Kentucky, Amerika Serikat pada tahun 1938 mengumumkan bahwa ia menemukan 10 jejak binatang yg menyerupai manusia di karang pasir pada zaman karbon. Foto mikroskop dan infra merah membuktikan, bahwa semua jejak ini adalah tercipta secara alami dari pijakan kaki manusia, dan bukan diukir oleh tangan manusia. Menurut perkiraan, batu-batu yg meninggalkan jejak kaki manusia ini sejarahnya diperkirakan telah mencapai 250 juta tahun lamanya.

Pada saat yg lebih awal lagi, ada orang di kota St.Loui, tepi sungai Mississippi, Amerika Serikat, pernah menemukan sepasang jejak kaki manusia di sebuah batu karang. Menurut penilaian ahli geologi, sejarah batuan ini kira-kira sudah 270 juta tahun lamanya. Penemuan yg lebih unik lagi adalah Sumber Antilop di Utah, Amerika Serikat. Seorang penggemar bernama Missanter pada bulan Juni tahun 1968 menemukan beberapa bongkah fosil trilobite. Dia menceritakan bahwa di saat dia menggunakan palu geologi dengan ringan mengetuk untuk membuka selempengan batu, lempeng batu-batu terbuka sama seperti sebuah buku, dia dengan terkejut menemukan jejak kaki seorang manusia pada permukaan batu yg sedang menginjak trilobite pada bagian tengahnya, sedangkan kepingan batu yang satunya lagi juga hampir memperlihatkan bentuk jejak kaki yg sempurna, namun yg semakin membuat orang merasa heran adalah ternyata beberapa orang itu mengenakan sandal!

Kemudian, pada bulan Juli 1968, ahli geologi ternama Doktor Bedick berinisiatif pergi sendiri ke Sumber Antilop untuk melakukan penyelidikan, lalu menemukan lagi sebuah jejak kaki anak kecil. Pada bulan Agustus 1968, seorang pengajar di sekolah pemerintah di kota danau garam yg bernama Howard menemukan lagi dua jejak kaki manusia yg mengenakan sepatu di sebuah batuan yg sama yg mengandung fosil trilobite.

Trilobite adalah binatang samudera yg halus-kecil dan tidak memiliki ruas tulang belakang, satu spesies dengan udang dan kepiting. Waktu keberadaannya di bumi di mulai sejak 600 juta tahun yg lampau hingga punah pada 280 juta tahun yg silam(Erabaru)
Semakin membingungkan? Mari kita bandingkan :

*Fosil pertama : Fosil Jari telunjuk manusia modern diatas berusia 100 juta tahun (periode ini sudah ada Dinosaurus)

*Fosil kedua : Fosil Jejak kaki manusia yg seperti menggunakan alas kaki diatas berusia 250 tahun (periode ini sudah ada Dinosaurus) Perbandingannya Dinosaurus punah 65 juta tahun silam,berarti memang benar ada manusia yg pernah hidup sezaman dengan Dinosaurus dong?hahaha

Ok deh,mungkin ini bisa dikatakan sebagai suatu misteri terbesar juga , jika benar manusia modern telah muncul pada masa-masa itu, berarti itu jauh dari perkiraan para ahli yg menyebutkan kemunculan manusia modern sekitar 30.000 thn silam.

Apa mungkin orang-orang ini datang dari masa depan dengan mesin waktu ya?Apa mungkin cara penghitungan karbonnya yg salah? Bagaimana menurut pendapat teman-teman
tentang masalah ini?

Tambahan :

Bagi teman-teman yang belum tahu maksud dari penanggalan potasium argon dan
penanggalan radio karbon,berikut penjelasannya :
Penanggalan radio karbon adalah cara menghitung sisa2 dari sesuatu yg hidup
berdasarkan kandungan karbon mereka.Ini cukup akurat untuk menghitung usia
peninggalan hingga 50.000 tahun lalu
Penanggalan Potasium Argon adl cara menghitung usia batu tempat relik itu
ditemukan melalui kandungan potasium dan argon mereka.Sisa manusia di Afrika
ditandai dengan cara ini.







Terima kasih sudah membaca. artikel ini adalah kopas dari salah satu blog yang lumayan terkenal..

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Mohon tidak Melakukan spam dan Comen Link Akitf

Recent