Api Abadi Dari Celah Bebatuan

SEKIRA 80 kilometer sebelah barat daya Antalya, berdekatan dengan kota Cirali barat daya Turki, terdapat sebuah gunung berbatu yang sud... thumbnail 1 summary
SEKIRA 80 kilometer sebelah barat daya Antalya, berdekatan dengan kota Cirali barat daya Turki, terdapat sebuah gunung berbatu yang sudah terbakar selama ribuan tahun. Sekitar selusin api membakar sisi gunung yang didorong oleh gas metana melalui ventilasi. Kebakaran tersebut terjadi di Turki setidaknya sekitar 2500 tahun. Ventilasi merupakan emisi terbesar dari metana abiogenic yang ditemukan di tanah sejauh ini.

Selama ratusan tahun, para pelaut bisa melihat api dari laut serta menggunakannya sebagai tengara untuk menavigasi. Namun hal ini lebih sering digunakan oleh para pendaki untuk menyeduh teh atau kopi. Api ini, menurut beberapa literatur kuno melahirkan mitos tentang Chimera, demikian seperti dikutip dari AmusingPlanet, Minggu (13/10/2013).

Mitos seekor binatang berkepala singa, kepala kambing yang ada di punggungnya, dan ekornya yang berbentuk kepala ular. Mulanya hewan ini akan dibunuh dengan bantuan  kuda bersayap Pegasus tetapi bahkan hari ini, para ahli masih memperdebatkan apakah api pembakaran Chimaera adalah asal cerita tentang makhluk tersebut.

Api membakar siang dan malam, namun waktu terbaik untuk melihat setelah matahari terbenam. Pendakian curam ini tidak cocok untuk siapa saja yang menderita kesulitan berjalan atau menggunakan kursi roda. Api pun membakar dari celah-celah bebatuan besar. Mereka tersulut karena gas menggabungkan udara yang diperkirakan sekitar 87 persen gas metana.

Kebakaran di atas lahan seluas 5000 meter persegi ini didorong oleh emisi gas sebagian besar terdiri dari metana dan hidrogen. Api ini lebih kuat di saat musim dingin. Karakteristik umum dari rembesan tersebut biasanya dipengaruhi oleh tekanan gas yang disebabkan oleh resapan air tanah dan perubahan tekanan atmosfer. Api ini terus menerus menyala, tidak seperti di Air Eternal Flame yang perlu dinyalakan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Mohon tidak Melakukan spam dan Comen Link Akitf

Recent